Tak perlu sama,jugaaaa.... Boleh !

Kamis, 24 Maret 2011

Tak perlu sama,jugaaaa.... Boleh !



          Perbedaan merupakan salah satu bagian dari kehidupan masyarakat, oleh karena itu perbedaan sudah menjadi sesuatu yang biasa di dalam masyarakat. Begitu juga dengan indvidu atau golongan tertentu yang hidup di masyarakat, mereka tidak hanya memiliki kesamaan saja, tetapi mereka juga mempunyai perbedaan dalam hal-hal tertentu. Perbedaan tersebut bukanlah hal yang selalu mengarah pada persatuan dan kebersamaan. Sama halnya jika seseorang bisa menempatkan perbedaan menjadi sebuah keistimewaan, maka perbedaan tersebut bisa menjadi kebanggaan bagi setiap individu dan atau golongan.
            Tapi,apakah kita sudah bisa memaklumi perbedaan? Bangsa ini adalah bangsa yang kaya akan budaya,suku,bangsa,dan agama. Tetapi bisa kita amati juga,bahwa selama ini,sering timbul permasalahan akibat banyak sekali orang-orang yang belum bisa memaklumi perbedaan itu sendiri. Dan alhasil,timbullah konflik. Padahal konflik tidak akan menyelesaikan masalah. Dan tidak jarang akan menimbulkan permusuhan antar golongan atau individu yang sedang berselisih. Permusuhan justru membawa ketidak tentraman masyarakat dalam menjalani kehidupannya. Tentu kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi lagi untuk yang kesekian kalinya. Nggak usah jauh-jauh deh contohnya,di dalam kelas ini juga sering sekali timbul konflik akibat kita tidak saling memahami bukan? Meski teman-teman semua belum mengakui,pasti ada beberapa konflik yang pernah terjadi di dalam kelas ini.
            Namun,apabila kita bisa melihat lebih dekat,justru di dalam perbedaan semuanya bisa menjadi indah. Percayakah kalian? Perlu kita ketahui juga,Readers Bahwa tidak semua persamaan itu menyenangkan. Bahkan seringkali kesamaan itu tidak menaruh sesuatu pada tempatnya. Saya pun yakin sekali kalau teman-teman tidak suka ada seseorang meniru apa yang sedang kalian lakukan. Begitu juga saya.
            Rasulullah SAW pun pernah berkata,bahwa perbedaan diantara umatnya adalah rahmat. Tidak ada siapa pun yang dapat melarang adanya perbedaan. Karena setiap orang berhak berargumen,berbicara, dan berhak mengeluarkan isi hatinya. Dan kita sebagai makhluk sosial perlu memaklumi dan memahaminya. Kita juga tidak perlu takut dengan perbedaan,karena pada hakikatnya,perbedaanlah yang dapat menyatukan kita semua.
            Tetapi,perlu kita ketahui juga,ada kalanya kita sama pada suatu waktu. Untuk seragam sekolah misalnya. Semua harus sama,bukan? Mulai dari ujung kepala,ada topi,kemudian dasi,ikat pinggang,hingga kaos kaki. Semua harus sesuai aturan yang ditetapkan sekolah kita masing-masing.
Menurut agama juga disebutkan bahwa dihadapan Allah, kita semua adalah sama. Yang membedakan hanyalah amal dan perbuatan kita sewaktu kita hidup di dunia ini. Untuk itu perbedaan dalam hal seperti perbedaan profesi, agama,hobi,pilihan hidup, maupun lainnya, tidak menjadi pembatas seseorang atau kelompok untuk berinteraksi satu sama lain. Dalam menyikapi perbedaan – perbedaan itu kita perlu menyadari bahwa perbedaan bukanlah pembatas setiap individu atau golongan untuk bersatu. Tetapi jadikanlah perbedaan tersebut sebagai pembelajaran dalam kehidupan di masyarakat. Untuk menyikapi hal tersebut, kita juga harus menerapkan sikap toleransi antar sesama, dan kita tingkatkan kesadaran dalam menyikapi perbedaan yang ada.
Kita harus menghindari konflik, karena hanya akan merusak hubungan antar sesama. Untuk itu jadikalah perbedaan sebagai pemersatu. Kita semua sama. Aku,kamu,kita dan mereka. Kita adalah mereka, mereka adalah kita. Kita harus sadar bahwa kita adalah bangsa yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika. Meski berbeda-beda tapi tetap satu jua.

0 komentar :